Asuransi Payor Pembebasan Premi

Produk rider takaful asuransi payor adalah manfaat pembebasan kewajiban membayar premi kontribusi jika peserta terkena musibah. Dengan adanya manfaat payor, polis peserta akan tetap aktif, seolah-olah peserta tetap membayar kontribusi, sehingga manfaat asuransinya bisa tetap diterima.

Adapun masa pembebasan kontribusi ini, ada batas maksimal waktunya, sesuai yang dipilih saat pertama daftar/akad.

Ada 3 jenis payor di asuransi takaful

  • payor term, pembebasan kontribusi jika peserta meninggal dunia
  • payor Total Permanent Disability (TPD), pembebasan kontribusi jika peserta mengalami musibah cacat tetap total, karena sakit atau kecelakaan, sehingga peserta tidak mampu bekerja apapun.
  • payor Critical Illness / Sakit kritis, pembebasan kontribusi jika peserta terdiagnosa dari salah satu penyakit kritis yang tercover dalam polis.

Asuransi payor pembebasan premi ini merupakan rider atau manfaat tambahan dari produk asuransi utamanya. Selain manfaat mendapatkan keringanan dalam hal pembayaran, ada manfaat tambahan bagi produk asuransi saving atau investasi, yaitu berupa terus bertambahnya saldo peserta.

Apakah Rider Asuransi Payor perlu diambil ?

Tidak semua manfaat dalam asuransi harus kita ambil, pilihlah yang memang benar-benar diperlukan, disesuaikan dengan kondisi peserta. Contoh, jika peserta bekerja di lingkungan yang rawan kecelakaan, maka rider payor TPD disarankan untuk diambil. Sebaliknya jika kerjanya hanya dalam ruangan, jarang bepergian, ya payor TPD tidak urgent untuk diambil.

Perlu dipahami juga, bahwa setiap manfaat yang diambil dalam asuransi, akan menambah tabarru , sehingga mengurangi alokasi dana untuk saving / investasi.

Jadi, pertimbangkan sisi plus minus setiap benefit produk asuransi sebelum Bapak/Ibu bergabung. Karena asuransi adalah jangka panjang jangan sampai mengeluarkan biaya untuk manfaat yang sebenarnya tidak perlu.

Untuk bertanya langsung seputar asuransi Takaful silahkan hubungi saya di 082297884282 atau email : indratakaful@gmail.com